Astra Motor Kaltim 1 Berikan Penyebab Motor Mogok Serta Solusi

Onix news, Balikpapan – Motor mungkin sering kali merasa bingung mengapa motor yang mereka kendarai, tiba-tiba mogok. Selain itu sebenarnya apabila anda sudah mengetahui masalah utamanya. Bagaimana solusi untuk menangani hal tersebut. Nah disini Astra Motor Kaltim 1 akan kita bahas secara lengkap. Mengenai beberapa penyebab motor mogok serta solusi yang dapat dilakukan.

1.     Mesin Overheat
Masalah motor yang pertama terjadi pada bagian mesin. Sehingga menyebabkan kondisi motor tiba-tiba mogok hampir semua orang tahu bahwa mesin yang mengalami overheat atau terlalu panas. Pasti akan menyebabkan mogok.

Apalagi jika anda memaksakan mesin untuk tetap nyala motor, seolah ngambek karena sistem pembakaran ataupun gesekan antara piston dengan liner nya terlalu panas. Sehingga menyebabkan kondisi mesin memiliki suhu yang naik secara drastis akibatnya piston dan liner boring menjadi macet.

Solusinya tentu saja dengan mengistirahatkan motor, agar tidak digunakan selama lebih dari 1 jam apabila hal tersebut terjadi berulang anda. Sebaiknya menghubungi bengkel ataupun konsultasi dengan mekanik mengenai kondisi mesin anda. Apakah memang mesin motor anda masih sehat atau justru sebenarnya sudah harus diganti.

2.     Salah Bahan Bakar
Selanjutnya penyebab mogok yang paling sering terjadi yaitu salah memilih bahan bakar. Tidak bisa dipungkiri bahwa masyarakat indonesia, seringkali memaksakan untuk menggunakan bahan bakar. Dengan harga yang sangat murah.

Walaupun sebenarnya motornya tidak bisa mengkonsumsi bahan bakar tersebut. Banyak orang yang belum tahu bahwa pemakaian bahan bakar bisa menyebabkan motor mogok. Terutama secara mendadak. Untuk mengatasi mogok yang terjadi akibat masalah ini.

Tentu saja anda harus menggunakan bbm dengan kadar oktan yang cukup tinggi. Misalnya saja pertamax atau pertalite pasalnya semakin tinggi nilai oktannya. Maka pembakarannya akan lebih sempurna dan tingkat polutan yang dihasilkan menjadi lebih kecil. Sehingga tidak akan menyebabkan motor menjadi lebih mudah untuk mogok.

3.     Oli Mesin
Hal ini yang seringkali menjadi penyebab utama dari sebuah motor yang mogok. Karena adanya oli mesin yang sudah lama tidak diganti solusi yang paling mudah. Tentu saja dengan mengganti oli mesin secara rutin, terutama 1 bulan sekali.
Oli mesin memiliki masa pakai sehingga anda harus menggantinya secara rutin. Apabila anda telah mengganti oli maka mengakibatkan komponen mesin mengalami kerusakan. Pada akhirnya masalah tersebut akan menjalar ke bagian lainnya. Fungsi oleh sendiri untuk membantu melepas setiap komponen, yang ada sehingga menjadi lebih mudah dalam menjalankannya.

4.     Klep tidak tepat
Kemukakan lainnya yang biasanya terjadi pada motor. Karena adanya setelan klep yang tidak tepat penyebab motor mogok ini sudah sering kali terjadi. Terutama bagi anda yang sering kali ke sebuah bengkel secara tidak resmi.

Biasanya klep yang terlalu rapat atau justru tidak tepat menjadikan motor mengalami mogok dan mesin mati terus menerus. Sehingga mesin akan menjadi cepat panas atau overhead cara yang paling mudah, yaitu dengan menyarankan untuk mengikuti setelan pada pabrikan, ataupun menyarankan menggunakan bengkel resmi dari motor yang anda gunakan.

Ketika menyetel mesin juga harus dalam keadaan dingin dan tidak sedang digunakan, atau baru saja mengalami perjalanan yang sangat panjang. Lebih baik anda membawa ke bengkel agar posisi klep bisa dipasang dengan tepat dan tentu saja tidak akan menimbulkan masalah lain.

5.     Filter Motor
Terakhir masalah motor mogok. Biasanya terjadi akibat adanya filter udara yang cukup kotor perlu diketahui bahwa fungsi filter udara sangatlah besar. Seperti menyaring dan juga membantu agar kotoran dan debu tidak bercampur.

Adanya saringan filter ini jelas saja membantu motor, agar bisa berjalan dengan baik namun komponen ini tidak akan bisa berjalan. Jika anda malas untuk membersihkannya, hal tersebut justru akan membuat motor makin mogok dan mesin tidak dapat bekerja dengan baik. Tarikan gas juga akan lebih berat. sehingga ada baiknya anda mengganti atau membersihkan filter tersebut.